5 Makanan Nutrisi Otak Untuk Orang Dewasa

Daftar isi: [Tampil]
Orang dewasa melakukan banyak hal yang berhubungan dengan fungsi otak, seperti belajar, bekerja atau bahkan merencanakan masa depan. Hal tersebut tidak bisa dihindari bahkan sudah menjadi rutinitas sehari-hari.
nutrisi otak untuk orang dewasa
nutrisi otak untuk orang dewasa

Agar fungsi dan perkembangan sel-sel otak tidak terganggu, dibutuhkan konsumsi makanan yang baik untuk otak.

5 Jenis Makanan Terbaik Untuk Otak

Beberapa makanan memiliki zat gizi yang sangat baik untuk menstimulasi perkembangan sel otak. Simak daftarnya di bawah ini:

1. Telur

Buhkan kulit saja yang mengalami penuaan otak pun bisa menyusut. Penyusutan otak sebenarnya bisa dihindari dan dicegah dengan mengkonsumsi telur.

Dalam sebutir telur terkandung asam folat dan vitamin B, B6, B12. Kandungan tersebut ditengarai mampu menurunkan homosistein dalam darah. Homosistein sejak lama dikenal sebagai factor penyebab gangguang kognitif, stroke dan Alzheimer.

2. Wortel

Tidak hanya baik untuk mata kita. Wortel juga baik untuk otak. Karena di dalam wortel terkandung luteolin yang berfungsi dengan baik sebagai obat pereda radang otak.

Lihat juga: Brainking, Produk Herbal Nutrisi Otak Anak

Dari Jurnal Nutrisi yang diterbitkan 2010 lalu diperoleh fakta bila senyawa luteolin juga baik untuk mengembalikan daya ingat. Makanan lainnya yang kaya luteolin dan baik untuk otak adalah minyak zaitun, seledri dan paprika.

3. Minyak Ikan

Selain mengkonsumsi ikan, Anda juga bisa memanfaatkan minyak ikan sebagai bumbu masakan. Kandungan asam lemak omega-3 pada minyak ikan baik untuk meningkatkan perkembangan fungsi jantung, otak, bahkan persendian.

Sumber minyak ikan terbaik yang bagus untuk otak adalah ikan salmon, herring, trout, sarden, mackerel dan lainnya.

4. Bayam

Dalam kelompok sayuran, Anda tidak hanya dihimbau untuk mengkonsumsi wortel saja tapi berikut juga dengan bayam. Bayam merupakan sayuran hijau yang tinggi serat, vitamin E dan C yang baik untuk memperkaya ingatan.

Dari penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Gerontology tahun 2000 lalu dilakukan tes pemberian vitamin E pada seekor tikus. Hasilnya, tikus tersebut mengalami kenaikan jaringan saraf dan otak hingga 900% dalam 8 bulan.

Jadi, bila pada tikus saja hasilnya positif maka pada manusia dewasa akan memiliki hasil yangsama baiknya.

5. Kacang-kacangan

American Journal of Epidemiology menyebutkan bila vitamin E bekerja dengan sangat akurat dalam menurunkan resiko gangguan kognitif pada orang dewasa. Dari sekian sumber vitamin E, kacang-kacangan dinilai memiliki kadar yang paling tinggi.

Ada pun sumber vitamin E lainnya bisa ditemukan pada biji-bijian, gandum utuh, asparagus, bahkan buah zaitun. Konsumsi banyak vitamin E agar di usia tua nanti Anda tidak mengalami gangguan pada fungsi otak.

Itulah lima daftar makanan terbaik untuk menutrisi otak orang dewasa. Sayangnya, karena gaya hidup modern beberapa orang cenderung menghindari sayuran dan ikan. Mereka lebih menyukai makanan cepat saji yang lebih praktis.

Padahal makanan cepat saji tidak ada baiknya untuk otak maupun tubuh. Bila ingin masa tua Anda berjalan dengan lancar dan sehat, usahakan untuk memenuhi nutrisi pada otak sedini mungkin.

Post a Comment

Copyright © 2019

zyiroyz.com