Mengenal Beasiswa JASSO dan Kesempatan Exchange ke Jepang

Daftar isi: [Tampil]
Japan Student Services Organization atau JASSO merupakan lembaga independent Administrative yang menawarkan layanan bagi para mahasiswa internasional atau Jepang khususnya.

Organisasi yang berdiri pada 1 April 2014 ini merupakan gabungan dari beberapa lembaga di bawah naungan pemerintah Jepang, seperti Association of International Education Japan (AIEJ), International Student Institute, Center for Domestic and Foreign Student, dan Kansai International Students.
Jasso untuk studi ke jepang
Jasso untuk studi ke jepang

Misi dari JASSO sendiri ialah menjadi pusat pemberi informasi ke Jepang untuk mahasiswa internasional serta pemberi informasi ke Luar negeri untuk mahasiswa Jepang. Organisasi JASSO mempunyai kantor perwakilan di beberapa negara serta kantor perwakilan pusat.

Kantor yang berdiri di beberapa negara tersebut bertugas memberikan pelayanan konsultasi perorangan baik melalui surat, email, ataupun telephone. Beberapa negara yang menjadi tempat berdirinya kantor JASSO antara lain ada Indonesia, Malaysia, Thailand dan Korea Selatan.

Kesempatan Exchange ke Jepang Melalui JASSO

Siapa sih yang tidak ingin merasakan menjadi pelajar di negara semaju Jepang? Mungkin hal ini jadi impian semua mahasiswa Indonesia, tapi sayangnya tak semua mahasiswa memiliki kesempatan untuk bisa kuliah di Jepang.
jasso student services japan
Jasso student services

Meski begitu, tapi Anda tak perlu khawatir karena masih ada kesempatan exchange ke Jepang. Benar sekali, Anda bisa mengikuti program studi jangka pendek ke Jepang yang biasanya berlangsung selama kurang lebih 1 tahun saja.

Program Short-Term Study ini bisa diikuti melalui pertukaran mahasiswa kerjasama antar universitas maupun tanpa melalui kerjasama antar universitas serta program studi jangka pendek lain.

Lihat juga: Program Studi Jepang di Jeducation 

Jadi program pertukaran sendiri ialah program studi jangka pendek yang berlangsung selama 1 semester hingga 1 tahun untuk mahasiswa asing yang masih berstatus mahasiswa di universitas asalnya dengan melalui program exchange antar mahasiswa.

Tujuan pelaksanaan program ini ialah untuk mendapatkan kredit di mata kuliah yang diambil selama di Jepang.

Cakupan program bagi Anda yang ingin mengikuti program ini pun cukup beragam, berikut adalah beberapa diantaranya.
  1. Tingkatan 

  1. Program Sarjana 
  1. Program Pasca Sarjana. 
  1. Bahasa Pengantar Perkuliahan 

  1. Hanya bahasa Jepang saja 
  1. Hanya bahasa Inggris saja 
  1. Bahasa Jepang dan bahasa Inggris. 
  1. Mata Kuliah 

  1. Bahasa Jepang 
  1. Studi Kejepangan 
  1. Sosial-humaniora 
  1. Ilmu pengetahuan alam 
  1. Sains-teknologi. 

Banyaknya pilihan program yang tersedia menjadikan mahasiswa exchange bisa memilih sesuai dengan kebutuhan maupun kemampuannya.

Sementara beberapa universitas telah membuka kelas khusus untuk mahasiswa asing program studi jangka pendek dan beberapa universitas lainnya menggabungkan program tersebut dengan program reguler lainnya.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Agen untuk Studi ke Jepang

Status mahasiswa pertukaran pun beragam, bisa sebagai mahasiswa pertukaran, mahasiswa pengumpul kredit, mahasiswa pendengar dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti program ini, bisa langsung menanyakan tata pendaftaran dan pembiayaan melalui pihak berwenang di Universitas Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Post a Comment

Copyright © 2019

zyiroyz.com