Mengenal Jenis Operasi Ambeien: Dari Laser Hingga Tradisional

Daftar isi: [Tampil]
Ambeien atau wasir adalah kondisi yang sering dialami siapa saja baik muda, tua, laki-laki, maupun perempuan. Bahkan, sekitar 2 juta kasus ambeien terjadi setiap tahun di Indonesia. Menurut penelitian yang dilakukan pada orang dewasa usia 50 tahun menunjukkan bahwa kondisi ini pernah dialami dari setengah populasi.
Pengobatan ambeien laser dan tradisional
Pengobatan ambeien laser dan tradisional

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penanganan untuk peyakit satu ini, yuk kita simak apa saja penyebab dan tanda-tanda penyakit ambeien.

Faktor Penyebab Ambeien 

Kenapa banyak orang mengalami kondisi wasir atau ambeien? Berikut ini daftar faktor penyebab orang mengalami ambeien, antara lain:

Sembelit kronis 

Saat feses mengeras dikarenakan sembelit maka tenaga yang dikeluarkan ketika BAB menjadi lebih kuat, hal ini dapat memicu pembuluh darah pada anus membengkak. Hal semacam ini dapat menyebabkan terjadinya ambeien.

Aktivitas Fisik Pasif 

Penyebab ambeien selanjutnya adalah melakukan aktivitas pasif yang terlalu lama seperti duduk atau berdiri. Terlalu lama duduk dapat menyebabkan pembuluh darah yang terletak di sekitar anus akan terisi darah dalam jumlah banyak.

Ketika aliran darah tidak berubah atau konstan maka dinding pembuluh darah akan tertekan dan menjadi makin besar.

Hamil 

Semakin besar usia kehamilan, maka perkembangan rahim akan mengikuti perkembangan janin dalam perut. Tekanan yang terjadi pada rahim akan membuat pembuluh darah pada usus besar tertekan dan dapat memicu timbulnya benjolan pada anus.

Mengangkat Benda Berat 

Penyebab selanjutnya adalah seringnya mengangakat beban berat. Hal tersebut dikarenakan adanya tekanan di daerah rektum yang menumpuk sehingga aliran darah terpengaruh dan membuat pembengkakan pada pembuluh darah.

Usia 

Saat usia seseorang semakin menua maka akan membuat semakin merenggang dan melemahnya jaringan pembuluh darah yang berada di area rektum dan anus. Kondisi inilah yang akhirnya menjadi penyebab ambeien.

Masih ada beberapa faktor penyebab ambeien lainnya seperti pola makan yang rendah serat, jarang olah raga, berhubungan seks anal, faktor genetik, dan sebagainya. Hal seperti ini juga perlu Anda perhatikan untuk menghindari terjadinya ambien.

Jenis-jenis Pengobatan Ambein 

Untuk yang menderita ambeien, ada beragam pengobatan yang bisa ditempuh. Dari operasi biasa, laser, hingga pengobatan tradisional bisa menjadi alternatif untuk sembuh dari Ambien. Berikut ini beberapa jenis pengobatan untuk ambeien, terdiri dari:

1. Hemoroidektomi 

Ini adalah jenis operasi yang sering dilakukan untuk ambeien di sejumlah rumah sakit. Hemoroidektomi adalah salah satu operasi yang digunakan sejumlah dokter karena dianggap efektif untuk penyembuhan ambeien ringan hingga berat sekalipun.

Jenis operasi ini juga dipakai untuk yang mengalami ambeien kambuhan, penderita hemorrhoid stadium III atau stadium IV.

2. Hemorrhoidopexy 

Untuk metode pengobatan yang selanjutnya adalah Hemorrhoidopexy atau disebut juga stapling. Metode ini dilakukan berdasarkan kondisi setiap pasien. Metode Hemorrhoidopexy adalah menjepit ambeien atau wasir yang keluar dari dinding rektum ke anus sehingga kembali ke posisi seharusnya.

Proses selanjutnya, dokter akan memotong aliran darah yang mengakibatkan jaringan mengecil dan dapat diserap kembali. Metode Hemorrhoidopexy dapat mengatasi ambeien dan sistem pencernaan sekaligus. Ini merupakan metode untuk menangani ambeien ringan sehingga tergolong ke dalam operasi ringan tidak seperti operasi hemoroidektomi.

3. Operasi dengan Laser 

Operasi ambeien dengan laser adalah salah satu yang diminati karena resiko mengalami sakit setelah operasi lebih sedikit. Operasi ini menggunakan metode dengan laser diode di mana biaya akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan metode operasi lainnya.

Prosedur operasi yang dilakukan pertama kali adalah pemberian anestesi di mana pasien harus dibius total. Selanjutnya, dokter akan memberi bius lokal pada area sekitar anus.

Ketika anestesi telah bekerja, dokter akan melakukan langkah berikutnya yaitu memasukkan laser fiber ke dalam wasir. Laser tersebut bekerja untuk membuat wasir mengecil.

Ukuran wasir akan lebih kecil sekitar 40% sampai 60%. Selebihnya, ukuran wasir akan terus mengecil melalui pendarahan dalam masa penyembuhan.

Operasi ambeien dengan laser sebenarnya tidak membuat pengurangan pada jaringan, menyentuh, ataupun merusak jaringan anoderm. Selain itu, rekonstruksi anatomi tetap bekerja secara alami.

Waktu pelaksanaan prosedur operasi ambeien kurang lebih satu jam, bahkan kurang. Umumnya prosedur ini berlangsung sekitar setengah jam.

4. Tradisional 

Ini adalah jalan yang banyak ditempuh orang karena takut jika harus menjalani operasi. Obat-obatan tradisonal untuk ambeien sudah banyak beredar di pasaran. Komposisi tanaman herbal yang berkhasiat menyembuhkan ambeien tanpa operasi terbukti berhasil pada sebagian orang.

Ada juga yang meracik obat sendiri untuk menyembuhkan ambeien apalagi bahan-bahan yang diperlukan mudah didapatkan. Ambeien dapat diobati dengan proses alami yaitu seperti menggunakan bawang putih, lidah buaya, cuka apel, kulit manggis, akar kangkung, dan sebagainya.

Anda dapat menggunakan bahan-bahan tanaman tersebut, meraciknya, dan telaten menggunakannya. Sebagian penderita ambeien dapat sembuh hanya dengan cara tradisional.

Sebelum memutuskan melakukan prosedur operasi ambeien dan Anda juga takut dengan operasi, tidak ada salahnya mencoba pengobatan tradisional.

Akan tetapi, jika dengan tradisional tidak berhasil sebaiknya langsung ke dokter untuk mengetahui tindakan yang tepat untuk kondisi ambeien Anda, karena tidak semua memiliki kondisi yang sama.

Semoga informasi mengenai apa itu ambeien, gejala, faktor penyebab, dan cara pengobatan dari tradisional hingga laser di atas bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment

Copyright © 2019

zyiroyz.com