Cara Menghitung Zakat Penghasilan secara Online di Kalkulator Zakat

Daftar isi: [Tampil]
Sebagai umat islam, adalah sangat dianjurkan untuk berzakat bagi Anda yang telah mampu. Nilai zakat yang dikeluarkan tersebut pun berbeda-beda sesuai dengan masing-masing jenisnya. Salah satu yang sering disinggung dan dibahas selain zakat fitrah di bulan Ramadhan ialah zakat penghasilan.

Zakat jenis ini baiknya dikeluarkan segera setelah mendapatkan penghasilan. Meskipun demikian untuk menunaikan zakat ini pun harus memenuhi syarat tertentu.
Kalkulator zakat online
Kalkulator zakat online

Pertama, adalah memiliki penghasilan tetap setiap bulan, bagi hal seperti ini biasanya diberlakukan pada para pegawai swasta atau negeri. Bagi Anda yang pekerjaannya mendapatkan gaji bergantung dari hasil pertanian, tentunya berbeda dengan mereka yang menerima penghasilan rutin setiap bulannya. Namun, jumlah penyetorannya tetap sama dengan yang lainnya.

Tata Cara Menggunakan Kalkulator Zakat Penghasilan

Zakat penghasilan dapat dihitung berdasarkan jumlah gaji yang didapat. Seiring dengan perkembangan zaman dan mengikuti era digitalisasi ini, masyarakat pun dipermudah dengan adanya kalkulator zakat penghasilan. Kalkulator zakat ini dapat diakses melalui internet secara online, seperti pada situs layanan zakat.or.id.

Untuk mendapatkan perhitungan besaran zakat yang akan dikeluarkan, ada beberapa hal yang perlu diisi pada kalkulator zakat penghasilan tersebut. Perhitungannyaa pun tidak ribet dan memusingkan. Berikut adalah keterangan dan penjelasannya.

Penghasilan Gaji Per Bulan

Pada kolom penghasilan/ gaji per bulan isilah sesuai seluruh pendapatan yang Anda peroleh. Besarnya nilai penghasilan/ gaji dapat dilihat melalui rekening maupun slip gaji.

Penghasilan lain-lain

Selanjutnya adalah kolom penghasilan lain-lain dimana berisikan dengan jumlah pendapatan di luar dari gaji rutin setiap bulannya. Contohnya, jika Anda bekerja sebagai seorang karyawan swasta dan memiliki usaha seperti jualan online dan sebagainya, maka inilah yang disebut dengan penghasilan lain-lain.

Penghasilan lain-lain ini bisa saja naik turun per bulannya. Namun, jangan khawatir. Anda dapat memperkirakan berapa kisaran penghasilan Anda. Cara mudahnya ialah dengan menarik nilai rata-ratanya dan masukkan ke dalam kolom penghasilan lain-lain.

Hutang dan/ atau Cicilan untuk Kebutuhan Pokok

Jika Anda memiliki hutang atau cicilan yang berkaitan dengan pokok kebutuhan bulanan, ini akan berpengaruh pada hasil akhir perhitungan zakat penghasilan tersebut. Hutang atau cicilan atas pinjaman yang dibayarkan, akan menjadi faktor pengurang dari besaran penghasilan pokok dan lain-lain.

Penghitungan Zakat Penghasilan

Setelah melakukan pengisian di kolom-kolom penghasilan dan hutang atau cicilan, maka kalkulator zakat penghasilan akan otomatis menghitung berapa jumlah pendapatan bersih yang Anda dapat. Dari jumlah tersebut, maka kalkulator zakat penghasilan akan menghitung secara otomatis nisab atau jumlah minimal yang ditunaikan.

Harga Beras dan Besar Nisab Zakat Penghasilan per Bulan

Seperti yang telah dijelaskan diatas, perhitungan zakat penghasilan yang telah mencapai minimal nilai yang dikeluarkan. Sebagai patokannya, nilai tersebut diambil dari 522 kg beras dikalikan dengan harga jual per kg saat itu yakni Rp 6.500. maka, besarnya nisab zakat penghasilan setiap bulannya adalah 3.393.000. Kalkulator akan menentukan apakah Anda wajib membayar zakat dan berapa minimal yang bisa dibayarkan.

Untuk perhitungan jumlah zakat yang akan dibayarkan setiap bulannya, kalkulator akan menghitung sebesar 2,5% dari jumlah pendapatan bersih. Nilai zakat ini sudah sesuai dengan syariat islam yang telah ditetapkan.

Dengan adanya bantuan kalkulator zakat penghasilan ini, penghitungan menjadi lebih mudah. Anda tak perlu repot mencari seseorang yang lebih ahli dalam menghitung zakat penghasilan ini. Asalkan Anda tahu berapa penghasilan serta kewajiban pembayaran, nilai yang harus ditunaikan pun dapat diketahui. Tentunya, kalkulator ini sudah memenuhi ketentuan dan syariat Islam.

Post a Comment

Copyright © 2019

zyiroyz.com